Wali Kota Optimis Kota Bandung Jadi Terbaik di Lomba BBGRM Jawa Barat

BANDUng – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial optimis Kota Bandung bisa meraih juara pada perhelatan Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat. Pasalnya, Kota Bandung sudah melestarikan lingkungan sekitar, khususnya di Kelurahan Babakan Ciparay (Bacip).

Wali kota mengatakan, masyarakat Kota Bandung bersama sama memelihara dan membangun lingkunganny. Seperti keagamaan, bidang kemasyarakatan sampai bidang sosial maupun lingkungan.

“Wilayah Bacip ini potensi kebersamaannya luar biasa. Mulai formal leader seperti camat dan jajarannya berkolaborasi dengan Non Formal kader LPM, Karang Taruna dan organsiasi lainnya di wilayah ini. Dengan kebersamaan itu ya sudah sewajarnya kalau Bandung juara,” ujarnya saat menerima tim Rechecking BBGRM di Kantor Kelurahan Babakan Ciparay, Rabu (24/4/2019).

Meski pun Kota Bandung baru masuk nominasi tiga besar, tetapi ia yakin dengan kebersamaan dan saling membantu satu sama lain, bisa meraih prestasi. “Kalau mau juara, maka bangun soliditas dengan bangun kebersamaan. Antara pemerintah dan komunitas harus lahirkan inovasi agar tidak tertinggal,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Bandung telah menstimulus BBGRM. Di antaranya melalui Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat (PIPPK) yang menjadi program andalan Kota Bandung.

“Kita rancang programnya. Kita kucurkan dana sesuai kebutuhan sehingga program kemasyarakatan di wilayah menjadi berkembang. Dampaknya yaitu masyarakat lebih berdaya di lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Lurah Babakan Ciparay, Tonny Sukamana mengatakan, wilayah Bacip dengan luas 138,18 ha terdiri dari 9 RW dan 57 RT, mampu bersama sama mendorong masyarakat lebih ikut serta dalam lingkungan.

“Kita dorong masyarakat, agar bersama membangun wilayah ini lebih nyaman,” katanya.

Dengan penduduk 33.646 jiwa, tingkat perekonomian di Bacip tak perlu diragukan lagi. Kehadiran Pasar Induk Caringin, 6 kantor bank, 2 kantor POS, 1 Supermarket, 1 pom bensin, 2 kantor pegadaian, 1 kantor media cetak dan 400 ruko, diyakini Tonny perekonomian di wilayahnya cukup berkembang.

Sedangkan di bidang pelayanan masyarakat, terdapat kantor pemerintah yaitu kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Kantor Kecamatan maupun Kantor Kelurahan. Untuk balita dan ibu pun tidak ragu lagi, terdapat Posyandu untuk mengecek kesehatan si bayi.

“Alhamdulillah wilayah Bacip ini perekonomian, pelayanan masyarakat maupun lingkungan seni dan keagamaan sudah ada. Kita rangkul masyarakat untuk lebih apik dalam pemanfaatannya,” kata Tonny.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Rechecking BBGRM Provinsi Jawa Barat, Rusyandi menyampaikan, Kota Bandung terpilih tiga besar dalam perlombaan BBGRM Tingkat Jawa Barat. Dua daerah lainnya yaitu Banjar dan Sukabumi.

“Nanti kita akan berkeliling untuk menilai lokasi ini. Mudah-mudahan nilainya baik sehingga apa yang diharapkan, Bandung bisa menjadi juara,” katanya.

(Bobby-Levi/djitu.net)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *